Ini Kemudahan dari OJK untuk Bank Syariah


INILAHCOM, Jakarta - Terkait paket kebijakan ekonomi jilid 5 yang mendorong tumbuhnya industri keuangan syariah, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyiapkan sejumlah aturan. Apa saja isinya?

Kata Dhani Gunawan Idat, Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, dua hal besar yang akan dideregulasi terkait produk dan aktifitas, serta sejumlah relaksasi aturan.

"Yang jelas, kita akan memberi ruang gerak yang lebih luas untuk Perbankan Syariah, di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini," kata di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Terkait perizinan produk dari perbankan syariah, kata Dhani, bakal dipermudah melalui kodifikasi. Di mana, kodifikasi produk ini berisikan aturan dari OJK serta daftar-daftar produk yang sudah ada. "Intinya, kodifikasi ini akan mempermudah perizinan, namun untuk perizinan yang berkenaan dengan produknya sendiri, harus tetap diurus," tutur Dhani.

Kemudahan lainnya, lanjut Dhani, mempermudah bisnis gadai emas namun tetap mengedepankan prinsip-prinsip yang prudent demi melindungi konsumen. Dahulu, gadai emas periode perpanjangannya di batasi 2 kali 4 bulan. "Sekarang tidak dibatasi lagi, dan batas maksimalnya ditetapkan Rp 20 juta," terang Dhani.

Sementara untuk jaringan kantor, papar Dhani, OJK menginginkan terjadinya penguatan sinergi antara bank induk dengan Bank Syariah. Saat ini, dari 12 bank syariah terdapat 11 bank yang memiliki induk usaha. Bentuk sinerginya adalah, kantor di bank induk bisa digunakan bank anak. "Nantinya, bank syariah bisa berkantor dan mempromosikan produk di kantor bank induk," kata Dhani.

Dalam deregulasi yang tengah disusun OJK, papar Dhani, memberikan diskon untuk AMI (Alokasi Modal Inti). "Dahulu setiap buka kantor bank konvensional, harus punya modal yang cukup besar. Jika bank induk membantu share ke bank anak, maka dia (bank induk) akan mendapat diskon," terang Dhani.

Yang paling menarik, lanjut Dhani, setiap kantor Bank Syariah berhak membuka melayani rekening haji dan kas mobil. Tentu saja dengan  tingkat keamanan yang diperketat. "Kita harapkan semua aturan ini bisa rampung Desember. Sehingga bisa segera diimplementasikan," tutur Dhani.[ipe]

#OJK #bank #SYARIAH #depok #TiensSyariah



Read More : Ini Kemudahan dari OJK untuk Bank Syariah.



0 komentar:

Posting Komentar